Blood, Blood, Blood, Blood^^


Hmm....kalo kita luka pasti keluar suatu cairan berwarna merah dan agak kental, berbau seperti besi (mgkn krn ada zat besiny), dan rasanya aneh. Nah ntu disebut "Darah". Darah adl cairan yg berguna utk membawa zat2 makanan dan oksigen ke setiap bagian tubuh, antibodi terhadap virus2 nakal, juga mengangkut hasil kimia dari metabolisme.

Darah tdd beberapa jenis yg membentuk 45% bagian dari darah, dan 55% berupa cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah ato disebut plasma darah. Darah itu sendiri terbagi menjadi 3 :
1. Darah Merah / Eritrosit
Eritrosit mengandung hemogoblin dan bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
2. Keping Darah / Trombosit
Si Trombosit ini, bertugas utk pembekuan darah (kalo luka biar kagak ngocor melulu)
3. Darah Putih / Leukosit
Nah si Leukosit ini bertugas utk membantai virus2 nakal yg menyerang tubuh.

Penyakit2 darah :
1. Hemofilia
Penyakit ini biasanya dikarenakan adanya kelainan genetik sehingga darah sukar membeku dan akibatnya, luka kecil saja bisa mengakibatkan kematian^^
2. Leukimia
Hmm...ne penyakit nongol karena sel darah putihnya berproduksi terlalu banyak sehingga jadi brutal dan membantai sel2 darah yg lain
3. Hemorrhage
Klo ini sih cuma kerusakan organ dalam duank
4. Anemia
Ne penyakit kekurangan darah, yah kan dah banyak tuh di iklan2, spt mengakibatkan cepat letih, lemah, lesu, letoy, loyo, lemez, dll. Tp kalo kekurangannya dah bener2 parah, perlu diberikan transfusi darah bwt nyuplai darah, so jgn anggap remeh ne penyakit, wekekek
5. Septicemia
Septicemia atau Keracunan Darah disebabkan krn darah terinfeksi?? gw juga kurang mengerti, tapi kata dokter2 sih gaswat banget ne penyakit, jd...jgn main2 dgn darahmu !! wekekek
6. Diabetes
Lu semua tau lah, ne penyakit paan, di iklan2 juga dah banyak.....yup yup yup, ne penyakit gula darah, yg disebabkan krn meningkatnya kadar gula dalam darah. Biasanya sih karena pola makan yg amburadul.
7. Hipertensi & Tekanan Darah Rendah
Kaga tau gw penjelasanya.....

Lah segitu duank yg gw tau, kalu masih ada sih.....yah gw kagak tau, jadi ya dah segini ja, wekekek

0 comments: