Pengaruh Musik Pada Kehidupan ??

Kita sebagai manusia, pasti sangat suka mendengarkan musik, baik itu musik pop, rock, klasik, melankolis, instrumental atau bahkan metal. Tapi kenapa yach hanya musik klasik yang bisa mempengaruhi IQ n' EQ manusia sehingga dapat lebih berkembang ?? Begitu juga pada tanaman, tanaman yang diperdengarkan lagu klasik akan membuat tanaman lebih cepat tumbuh tetapi akan kurang bisa beradaptasi atau survive. Dan bila tanaman diperdengarkan lagu2 keras [e.g: metal, rock, etc] akan membuat tanaman lebih lama tumbuh tetapi akan lebih survive dan mudah beradaptasi.

Fakta selanjutnya, bila kita mendengarkan lagu2 R n' B, Metal, etc sepertinya tubuh kita ingin bergoyang mengikuti alunan musik, atau bahkan mosing. Kenapa bisa begithu?? karena musik terbagi dari 3 bahan utama:
1. Beat [tubuh]
2. Rhytm [jiwa]
3. Harmony [perpaduan keduanya]
Karena jenis lagu R n' B, Metal, etc itu tergolong dalam lagu yg memiliki beat cepat, maka memang lumrah bila kita ingin bergoyang mengikuti alunan musik. Tapi kenapa kalau kita sedang kacau atau dalam keadaan gelisah dan mendengarkan lagu slow maka perasaan akan tenang ?? Karena lagu2 slow dan sejenisnya memiliki Rhytm atau Ritme yang teratur dan tidak menghentak atau cepat, sehingga bisa membuat jiwa kita tenang.

Lalu pengaruh musik pada fisik, mental, emosi, spiritual apa yach ?? Hmm... apa yach, sepertinya ada, lihat saja para musisi Metal, terlihat jelas bahwa mereka itu memiliki suatu ciri khusus kan? seperti misalnya, dominan menggunakan kostum hitam. Selain itu musik juga berpengaruh pada perkembangan otak loh, spt sebuah survey yg mengatakan kalau seorang musisi akan memiliki otak kecil 5% lebih besar daripada rakyat sipil biasa. Musik juga dapat mempengaruhi denyut jantung loh, lagu2 keras akan mempercepat denyut jantung dan lagu2 slow akan memperlambat denyut jantung.

Tapi kenapa umumnya orang2 yang suka mendengarkan lagu2 keras terkesan pemabuk, atau penggemar free sex, atau apalah ?? Hmm... menurutku itu mungkin terjadi karena lingkungan kali yach? karena tidak semua Musisi Metal dan penggemar musik metal seperti itu. Sama seperti musisi dan penggemar lagu reggae, memang dominan mereka itu menggunakan marijuana, tapi sepertinya tidak semua, hal itu kembali kepada pribadi masing2.

Huf, apa lagi yach, segithu aja dulu deh, wekekek

2 comments:

Miss Perdana said...

yah, semua emang tergantung orangnya. KAlau yang suka mabuk n ngonsumsi mariuana sie emang dianya yang bejat. MAu dikasi musik jenis apapun kayaknya g ngaruh dech.

Golden Drake said...

[Miss Perdana] hei, kan dah dijelasin jg kl semuanya itu kembali ke pribadi masing2, kumaha atuh mba?? wekekke